Sabtu, 07 Mei 2016

Tanya-Jawab Tentang Pupuk Organik Cair SSA



1. Apa itu Pupuk Organik Cair SSA (Super Surya Alami)??

·   SSA adalah salah satu pupuk organik cair multi guna yang mampu mengatasi kondisi tanah yang telah menurun tingkat kesuburannya karena memburuknya struktur tanah maupun ekosistem dalam tanah akibat pencemaran bahan kimia maupun pestisida dan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi.

2. Apa manfaat Pupuk Organik Cair SSA?

·   Sebagai perangsang dan penyubur tanaman
·   Sebagai penyaji unsur hara dan pembenah tanah
·   Sebagai pembanding biaya transportasi (POC-SSA lebih efisien di banding penggunaan pupuk kandang/kompos).
·   Sebagai water conditioning (pada usaha perikanan).

3. Apa keunggulan Pupuk Organik Cair SSA?

·   Dapat melarutkan dan menguraikan residu kimia pupuk/zat-zat yang mengendap/terikat di dalam tanah.
·   Merubah pupuk an organik menjadi bersifat organik.
·   Memperbaiki sifat fisik tanah menjadi bertekstur, gembur, tidak mampat dan memperbaiki komposisi mikrobiologi tanah.
·   Mempercepat pertumbuhan vegetatif tanaman.
·   Merangsang tumbuhnya akar-akar baru.
·   Mempercepat dan memperbanyak tumbuhnya bunga-bunga menjadi buah serta tidak rontok.

4. Berapa asumsi peningkatan produksi dengan menggunakan Pupuk Organik Cair SSA?

·   Potensi peningkatan produksi dengan menggunakan POC-SSA adalah 20% hingga 50%.

5. Bagaimana aplikasi Pupuk Organik Cair SSA pada sektor pertanian?

·   Pertama kali aplikasi disiramkan atau disemprotkan arah tanah (setiap 10ml POC SSA : 2 liter air)
·   Aplikasi selanjutnya disemprotkan ke arah tanaman/daun (setiap 10ml POC SSA : 4 liter air)

6. Bagaimana aplikasi Pupuk Organik Cair SSA pada sektor perikanan?

·   Disiramkan pada kolam persiapan tebar benih.
·   Disemprotkan ke pakan kemudian di tiris anginkan,kemudian diberikan sebagai pakan ikan

7. Bagaimana aplikasi Pupuk Organik Cair SSA untuk sektor peternakan?

·   Dicampurkan di air minum ternak ayam pedaging (setiap 10ml POC-SSA : 4 liter air)
·   Untuk komboran sapi, babi (setiap 10ml POC-SSA : 6 liter komboran)
·   Disemprot pada rumput sebagai pakan ternak (setiap 10ml POC-SSA : 6 liter air)

8. Setelah menggunakan Pupuk Organik Cair SSA, apakah bisa mengurangi penggunaan pupuk kimia/an organik?

·   Menggunakan POC-SSA  dapat menekan penggunaan pupuk an organik/kimia hingga 50%, karena POC-SSA sangat dapat mengefektifkan penggunaan pupuk kimia.

9. Bagaimana penggunaan Pupuk Organik Cair SSA pada tanaman yang telah terserang hama?

·   Disiramkan ke tanah/pangkal batang tanaman, agar tunas dan daun dapat pulih atau tumbuh kembali (10ml POC-SSA : 2 liter air)

10. Apakah Pupuk Organik Cair SSA bisa digunakan sebagai pestisida?

·    POC-SSA apabila diaplikasikan sejak awal maka akan membuat tanaman sehat, tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Namun perlu diingat, POC-SSA bukan pestisida.

11. Apa kaitannya revolusi hijau dengan Pupuk Organik Cair SSA?

·   Revolusi hijau telah mengubah dunia pertanian tradisional menjadi pertanian modern dan serba instan.
Keberhasilan revolusi hijau ternyata juga membawa dampak negatif pada pertanian kita.
·   POC-SSA merupakan jawaban dan solusi akan dampak revolusi hijau yang akan mengancam dunia pertanian kita karena POC-SSA merupakan pupuk  organik berkualitas tinggi yang mampu memperbaiki tanah yang  telah tercemar residu kimia.

Penggunaan pupuk kimia yang tidak terkendali akan sangat mengganggu bahkan merusak ekosistem dalam tanah, sehingga aktifitas micro-organisme juga akan sangat terganggu, bahkan jumlahnya semakin berkurang. Kondisi tanah yang demikian dapat dikategorikan tanah dalam kondisi “ Sakit “ karena terlalu banyak sedimentasi pupuk kimia/residu kimia di dalam tanah.
Menurut hemat kami, setinggi apapun mutu pupuk, tidak bisa menjamin produksi akan meningkat, apabila tanahnya dalam kondisi sakit.

“ Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia. Allah mengingatkan dengan bencana kepada mereka, bahwa itu adalah sebagian (akibat) dari perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar”

Menyikapi kondisi semua itu, apa yang harus kita lakukan?  Maka konsep pertanian organik atau kembali ke organik ( Back to Nature ) dengan meminimalkan residu kimia harus mulai diterapkan.
Oleh karena itu pola pertanian organik menjadi jawaban dan solusi dari fenomena di atas. Dari hasil uji coba yang kami lakukan di lapangan pada kondisi tanah dan wilayah yang berbeda-beda, menunjukkan bahwa penggunaan bahan organik sebagai pupuk dalam budidaya pertanian, memberikan hasil yang sangat memuaskan baik aspek ekologi maupun ekonomi.

MENGAPA HARUS ORGANIK?

Khusus dibidang pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, saat ini kita harus segera memulai untuk kembali ke pola organik. Sebab timbulnya berbagai macam penyakit, ternyata banyak disebabkan oleh  pencemaran lingkungan hidup oleh penggunaan zat-zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan dan kelestarian hidup.
Makanan yang kita konsumsi  setiap hari hampir sulit membedakan mana yang sehat dan mana yang tidak sehat. Dasar makanan organik cenderung kembali ke alam dengan cara penanaman yang bebas dari pencemaran lingkungan, makanan, bahan-bahan dan pemrosesan. Oleh karena itu masyarakat saat ini sudah seharusnya menggunakan cara-cara bertani  yang paling alami untuk mendapatkan manfaat-manfaat kesehatan dasar serta mencegah penyakit.
Falsafah penyembuhan alami mengatakan bahwa : ‘Makanan terbaik adalah obat terbaik, dan makanan terbaik adalah makanan organik”

Tumbuh-tumbuhan organik berfungsi sebagai pembersih toksin yang sangat mengagumkan, serta dapat menghilangkan lemak yang tidak diinginkan dalam tubuh . Penanaman tumbuhan organik memerlukan tanah yang bebas dari pencemaran bahan-bahan kimia. Untuk mendapatkan tanah yang sehat dan bebas pencemaran, tanah tersebut diistirahatkan dan tidak digunakan dalam kurun waktu dua sampai tujuh tahun lamanya. Hal tersebut dilakukan untuk menjamin agar tanah tersebut tidak terkena bahan-bahan kimia ataupun pencemaran lingkungan.
Mungkinkan petani yang menggantungkan hidupnya dari hasil pertanian itu harus membiarkan tanah/lahanya dalam waktu yang sedemikian lama?

Jawabnya “ Tidak Mungkin ! “

Itulah mengapa, Pupuk Organik Cair SSA hadir sebagai solusi atas permasalahan tersebut di atas. POC-SSA mampu melarutkan zat-zat kimia yang mencemari tanah pertanian atau perkebunan dengan cepat, kembali menyuburkan tanah, dan membuat tanah menjadi gembur, menumbuhkan banyak micro-organisme baik yang akan memperbaiki struktur tanah sehingga menjadi lebih sehat.

Untuk membeli produknya (POC-SSA) atau mendapatkan informasi lebih lanjut, silahkan call/sms/WA : 081297191370

Untuk melihat bukti nyata bagaimana Pupuk Organik Cair SSA mampu melarutkan kembali zat-zat kimia atau residu-residu kimia yang tertinggal di dalam tanah, silahkan simak video berikut :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar